Kpop Lovers

한국을 진짜 좋아해...!!!

menghapal pola kata kerja umum dalam bahasa korea (I)


Annyeong yeorobun, bagaimana kabarnya?
Sudah lama ya kita tidak membahas pelajaran bahasa korea, padahal banyak sekali teman yang bertanya. Masalahnya kalau membahas tentang bahasa korea, saya memerlukan waktu untuk menulisnya, dan karena akhir-akhir ini saya memang lumayan sibuk, jadi belum sempat untuk menjawab pertanyaan dari teman-teman.
Kemarin waktu saya sedang membereskan file di komputer, saya menemukan file tentang kata kerja dan pola penggunaannya, dulu saya sengaja menyimpan file ini untuk memudahkan saya menghapalnya, tapi sekali lagi…..saya memang pelupa he he he. Jadi dari pada file ini terbengkalai begitu saja, ok lah kalau begitu... saya coba masukan ke blog ini, mungkin saja cukup mewakili jawaban beberapa pertanyaan dari teman-teman.

Dibawah ini adalah pola dasar yang digunakan pada kata kerja umum

Normal ㅗ or ㅏ--> Menjadi 아요/아 --> 좋다,받다, 닫다
Tdk normal ㅗ or ㅏ --> menjadi 어요/어 --> 먹다, 입다, 신다
Akhiran ㅣ --> gabung menjadi ~ㅕ요/~ㅕ --> 마셔요, 어쳐요, 가르쳐요
akhiran ㅗ --> gabung menjadi 와요/와 --> 와요, 갔다와요
akhiran ㅡ --> hilangkan ㅡ tambah akhiran --> 바쁘다 - 바빠요, 예쁘다 - 예뻐요
akhiran 르 --> gandakan ㄹ, hilangkan ㅡ tambah akhiran --> 부르다 - 불러요, 자르다 - 잘라요
akhiran ㅏ atau ㅓ --> tambahkan 요 atau dibuang aja (casual) -->가다 - 가요 , 자다 - 자요
akhiran ㅜ --> gabung menjadi 워요/워 --> 어려워요, 배워요, 피워요

Sekarang, kita Menghafal 10 bentuk kata kerja umum pertama. untuk membentuk gaya kasual/not polite, tinggal menghilangkan 요 saja.


하다 --> 해요 --> Untuk melakukan
있다 --> 있어요 --> memiliki/ada
없다(~업다) --> 없어요(~업서요) --> Tidak memiliki/tidak ada
가다 --> 가요 --> Untuk pergi
먹다 --> 먹어요 --> Untuk makan
마시다 --> 마셔요 --> Untuk minum
일어나다 --> 일어나요 --> Untuk bangun
자다 --> 자요 --> Untuk tidur
보다 --> 봐요 --> Untuk melihat
좋다 --> 좋아요 --> Baik/suka

Selanjutnya, menghapalkan kata kerja 이다 Verb dalam bentuk present tense untuk polite dan not polite/kasual


Kata kerja --> makna --> Style --> Setelah Huruf vokal --> Setelah huruf mati
이다 --> Kopula, menjadi --> Polite --> 예요 --> 이에요
이다 --> Kopula, menjadi --> kasual --> 야 --> 이야

Sedangkan, Kata kerja있다 mempunyai dua makna yaitu sebagai keterangan Milik dan keterangan tempat/lokasi. 있어요(polite) dan있어(kasual)


Berikutnya adalah dasar-dasar partikel dan beberapa kosa kata yang umumnya digunakan dengan partikel-partikel tersebut.
Perlu diketahui bahwa kata-kata yang tercantum di bawah partikel subject akan sangat baik digunakan bersama dengan partikel topic/object, dan begitupun sebaliknya.


Partikel -- kegunaan
이 / 가 -- Subject
Korea -- Indonesia
선생님 -- guru
나 -- saya
저 -- saya(polite)
엄마 -- ibu
아빠 -- ayah

Partikel -- kegunaan
를 / 을 -- Object
먹다 -- Untuk makan
밥 -- Nasi
김치 -- Kimchi
고기 -- Daging
국 -- Sop
마시다 -- Untuk minum
물 -- air
우유 -- susu
콜라 -- Cola
소주 -- soju
맥주 -- bir

Ok, untuk sekarang ini dulu yang bisa saya kasih. Bagaimana? Sudah hapal? karena ini pelajaran dasar pasti sudah banyak yang tahu, tapi kalau belum, hapalkan setelah itu dicoba buat kalimatnya ok.

Labels : Free Wallpapers | Supercar wallpapers | Exotic Moge | MotoGP | Free Nature | car body design

11 komentar:

Bagus juga untuk mengulang kembali..
hehe... seolah2 diriku pernah belajar aja nih... :)
Kalo nggak ngerti konsep perubahan ini, bakalan susah banget mempelajari artinya :)
Ini juga salah satu yang bikin aku mentok.... :(

 

memang keliatannya sepele...tp lagi2 aku lupa trus he he he...

 

Dian ssi...
(*mau komentar aja dari kemarin kok susah )
wah...kliatanya udah waktunya yang lebih serius nulisnya ini, artinya Dian ssi konsep pembelajaranya udah sistematis... bagaimana..?

 

ne, oppa...aku sdh ingat loh...:)
mmm...sbnrnya aku jg sdh sedikit2 buat konsep pembelajaran...tgl merapikan dan kroscek ulang...msh ada keterbatasan waktu sih...jd blm maksimal...
oh ya oppa tau bgmn buat tabel di blogspot? aku kok gaptek bgt ya..tulisannya jd brantakan smua:(

 

maaf mau tanya ada brberapa tulisan untuk belajar korea mba diansi ko tidak mencantumkan kata latin ya mksd saya adalah di situ tertera huruf korea n artinya dalam bahasa indonesia tapi untuk kalimat dlm kalimat latin tidak ada jadi saya tidak mengerti jika saya mau mencobanya dalam pengucapan krn saya blm bisa mengerti huruf korea tlh mba tulisin juga ya kalimat latinnya mks

 

mba tlg ajarin kalimat dasar bgt dong kaya nama saya kamu siapa pokonya bahasa sehari2 yg dasar saya saya ingin belajar untuk ngomong sehari2 harinya saya ingin mencobanya n mau tanya kalou mau belajar bahas korea apa ada kamus ya kayak kamusnya bahadsa inggris kan ada tuhhh jadi kita tau kalou ada saya cari dimana ya saya inginya ada huruf korea ada artinya dalam bahas indonesia n ada kalimat latinnya untuk pengusapan jadi lengkap dimana aku bisa mngerti mks ya maaf banyak pertanyaan

 

Haneul maaf ya, memang blm sempat tulis romanji(latin)nya...krn sibuk jd buru2...tp nti saya sempat pasti saya edit...ditunggu ya...ohya skalian tunggu...coba belajar huruf hangul jg ya, disini jg sdh pernah di posting.
kalimat dasar? nanti saya coba susun dulu ya...kalau kamus korea yg lengkap n bgs mmg sepertinya blm ada, tp ada kok kamus yg ada huruf hangul dan cara bacanya jg...sy lupa penerbitnya, tp coba cari di TB gramedia...

 

musti ngulang lagi nih belajar aksara Korea, baru balik lagi belajar sama Dian ssi
salam

 

salam kenal mbak, makasih sdh mampir...

 

hay salam kenal.. Please follow back my blog.. thx

 

asslmkm.. salam kenal mbak.
belajar otodidak or gimana?