Kpop Lovers

한국을 진짜 좋아해...!!!

Jadi istri orang Korea?


Mau? Sebelum mutusin, sebaiknya baca dl tulisan gw ini. Kalo pernah nonton film Hanoi bride(Kim Ok bin & Lee dong wook) atau Drama Golden bride(Song chang ui & Lee Young Ah) pasti tau apa yg mau gw omongin. Betul, tentang perkawinan antar bangsa tapi percaya gak kl itu memang beneran ada di Korea? Dan bukan Cuma Vietnam aja, tapi dr semua negara asia tenggara termasuk Indonesia(nanti gw ceritaan kronologisnya, sesuai yg gw liat dengan mata kepala gw sendiri).
So,
udah biasakan, disemua negara jg ada. Nah itu dia yg mau omongin, tp sebelum gw ceritain panjang lebar, buat yg belum pernah denger tentang fenomena perkawinan antar bangsa yg terjadi korea, sebaiknya gw jelasin dulu.

Sebenarnya perkawinan antar bangsa bkn suatu hal yg dilarang, tapi ada suatu kejanggalan dalam proses cinta international yg berakhir dengan ikatan pernikahan di korea.
Laki2 di korea memiliki hak istimewa untuk memilih dan menilai secara sepihak calon pasangannya yg umumnya berasal dari negara2 asia tenggara. Setelah menilai dan mendapatkan yg cocok sesuai selera, mereka akan membayar jutaan won untuk pihak keluarga perempuan dan agency(pialang) cinta yg mengatur. Kalo dilihat dari prosesinya, ini bukanlah sebuah ikatan cinta suci yg sebenarnya, tp lebih dari sebuah perdagangan(sindikat) cinta internasional.
Dengan meningkatnya pernikahan international ala korea ini, semakin meningkatnya jg tindak pelanggaran hak asasi manusia terhadap pihak istri atau perempuan. Tentu saja, ini sangat memperihatinkan karena jumlah pasangan pernikahan ini sudah mencapai 8,5% dr total pasangan menikah dikorea.
Pada umumnya istri yg orang asing sering menderita dan menanggung beban masalah baik berupa perlakuan kasar dan semena2 baik dari suaminya atau keluarganya. Proses komunikasi, adaptasi dan asimilasi yg mengarah pada harmonisasi suatu keluarga jg jd terhambat karena faktor bahasa, yg lebih rumit lagi kalau sudah menyangkut anak mereka.
Sekarang ini Pemerintah Philipina telah membuat dan menyebar surat peringatan resmi terhadap pernikahan international ini, bahkan pemerintah Vietnam jg telah mengancam akan menindak tegas dengan ancaman hukuman berat terhadap para agency illegal yg menyelenggarakan pernikahan ini.(sumber: Kopi Korea edisi 25 maret 2005)

Kalau di Indonesia? Gw blm tau pemerintah Indonesia sudah bertindak apa blm tentang masalah ini. Tp sekarang gw ceritain pengalaman gw tentang pernikahan ini ya, begini ceritanya:

Kira2 hampir 2 th yg lalu, bekas temen kuliah gw telp, dia blg minta ijin ngasih no telp gw ketemennya, dia blg temennya pny byk kenalan orang korea yg minta dikenalin sama cewek Indonesia. Jd temen gw referensiin gw karena gw sedikit bs bhs korea. Gak lama, waktu itu pas hari minggu, Endang(nama temennya temen gw itu, kl gak salah) telp, dia minta gw dateng ke hotel sari pan pacific saat itu jg, dia blg dia lg sm temen koreanya itu dan msh byk yg lain jg(emang sih kedengarannya berisik bgt dr telp). Tdnya gw sempet gak mau abis takut, tp dia blg jgn takut dan malah nyuruh gw ngajak temen ato saudara buat nemenin. Ya udah akhirnya gw pergi jg sama kakak gw.
Sampe dihotel, si endang ini ngajak gw ke kamar 707 karena dia buka kamar sm temen2 disitu. Ternyata didalam kamar ada banyak bgt cewek2(sekitar 50 org) yg lagi ngobrol, dandan sampe yg tiduran. Semuanya rapi2 bgt kyk abis audisi apa kontes gitu.
Waktu gw tny ini acara apaan, si Endang br blg kl ini semacam seleksi buat mencari calon istri buat org korea. Siapa yg kepilih nanti bkl lgs menikah dalam waktu 2 minggu dan bulan madu ± 3 hari trus dalam waktu I bln dia bkl diboyong kekorea(semua biaya menikah dan pengurusan pindah ditanggung pihak pria, keluarga calon istrinya jg diberikan uang yg cukup besar, bahkan soal agama untuk mempermudah pengurusan, pihak pria ikut agama calon istrinya). Gw shock berat…udah gila kali kl gw ikut…dipikir gw mau beli kucing dalam karung. Tp si Endang terus maksa dia blg coba2 aja, temennya (selain endang ada 2 org cewek Indonesia jg, 1 org cowok korea sm 2 org cewek korea yg 1 bs bhs Indonesia) jg ikut maksa gw, mereka blg lg hopeless bgt krn dr 50 org td blm ada yg cocok, bahkan mereka nunjukin foto pernikahan org2 yg berhasil sebelumnya, orgnya jg ada dia blg enak tau kawin sm orang korea(nih org lugu apa bodoh ya?) karena gw sedikit penasaran jg, akhirnya gw ikut. waktu gw disuruh masuk kekamar sebelahnya bareng2 sih sama ‘para penyelenggara’.

Oh oh ternyata ‘sang pencari cinta’nya(gw cm inget namanya mr Kim) sdh nunggu disofa sambil senyum sdh siap interview(orgnya biasanya aja, gak jelek, cakep jg gak, tp krg tinggi), umurnya 36th kerja dipertambangan gaji 40.000 dollar sebln, tinggal sendiri di apartemen, anak terakhir dr 2 bersaudara(wuih, poromosinya hebat bgt, kalo bener) setelah memperkenalkan dirinya, habis deh gw diinterview selama setengah jam lebih(sama semuanya, bahasanya campur2, ada korea, Indonesia, sampe inggris) yg ditanyain dari mulai umur, tinggi badan, pendidikan, keuangan keluarga, sampe tentang keluarga gw, rata2 pny anak berapa, berapa tinggi rata2 anggota keluarga, pokoknya masalah keturunan deh(dipikir dia lg milih kambing buat diternak kl)pas ditanya gw udah siap gak tinggal dikorea kl gw diterima, gw jawab enggak. Salah satu cewek korea itu, ternyata kakaknya ‘sang pencari cinta’ itu, dan kyknya gak sk jawaban gw, trus dia tanya lg, kalo gak mau kekorea kenapa gw ikut acara ini, yah gw bilang gw gak tau dan cuma diajak teman. Trus, mereka suruh gw tunggu diluar, karena mareka mau musyawarah dl. Sambil nunggu mereka, gw ngobrol sama cewek2 itu, kebetulan mereka sudah dandan lagi karena setelah ini mereka mau kekelapa gading, katanya disana jg ada lg seleksi beginian, malah ada 5 calonnya. Mereka jg ngajak ge, tp gw blg gak bisa masih ada urusan.
Setelah setengah jam lebih, cewek korea yg bisa ngomong Indonesia keluar dan nanya gw apa mau ngobrol2 dulu sama ‘sang pencari cinta’nya, tp gw gak mau. Gak lama dia keluar lagi dan bilang mereka gak terima gw(syukur bgt).
Beberapa hari kemudian si endang masih telp gw buat ngajak ikut acara gituan lagi, tp gw gak pernah mau. Setelah gw pikir2, sebenarnya agency pencari calon istri ini bahaya bgt ya, gw kasihan bgt sama mereka yg sudah kepilih dan kemudian tinggal dikorea. Coba bayangin, apa yg bkl terjadi disana, mereka gak bisa bahasanya, jauh dari keluarga, kl mereka kenapa2 disana kan gak ada yg tau. Apalagi setelah gw tau kejadian ini emang udah jd perhatian Negara lain bkn Indonesia aja, dan cukup memperihatinkan.
Mudah2an skrg sudah gak ada lg korban2 yg lain, dan yg sdh terjadi bs jd pelajaran bahwa jgn tergiur dengan iming2 tinggal diluar negeri dan pny uang banyak, karena belum tentu tinggal diluar negeri itu senikmat apa yg kita liat di TV selama ini. jd jgn berharap bisa dapat suami kayak jun woo(golden bride) yg baik, setia, ganteng ya, ternyata itu cuma mimpi.....yah menghayal lg deh.

Don't you think they're the gloomiest wedding couple you've ever seen??


Labels : Free Wallpapers | Supercar wallpapers | Exotic Moge | MotoGP | Free Nature | car body design

27 komentar:

wah mbak, tulisan nya bagus banget neh...sumpah mb punya bakat menulis yang tinggi...
gak nyangka deh kalo gt... hmmm...sambil baca sambil ngucap astagfirullah...ckckckc....gw gak nyangka ada yang spt ini....hmmm...

 

Komapta..
sebenarnya gw mo tulis ni dah lama. tp gw gak pede krn temanya serius bgt, n agak malu jg krn gw pernah ikut acara beginian. skrg sih enggak lg, gw justru seneng bisa jd saksinya

 

kamshahamnida onnie,,,,,,pinter bgt tulisnya n bagus bgt,,tentu saja ini berguna bgt,, mgkn ada wanita indonesia yg kpincut ma film korea jd pengen jd org korea.kan mrk bs hati2 stlh baca ini

 

wah, thanks for sharing. kalo di lihat dari modusnya sih nampak itu agent gelap yah? mestinya semua proses itu dijalanin secara alami, gak seperti itu,keliatan bgt mereka mencari kesempatan didalam kesempitan masyarakat indo yg masih banyak memilih jalan pintas untuk menjadi kaya...bukan karena mereka suka sm orang Korea.

 

saya sempet baca artikel ini sampai dua kali... sungguh cerita yang menarik Dian ssi.pengin jadi istri orang Korea..?

 

Enggak jg sih songsaengnim, biarpun jodoh itu ditangan tuhan tapi saya berharap tidak dapat jodoh orang korea.
Sering tergoda jg sih kalo liat yg ganteng he..he.., mungkin karena saya suka film korea atau mungkin jg karena saya byk bertemu org korea diktr saya.
Sebenarnya biarpun saya suka apa aja tentang korea, tapi ada beberapa kebiasaan dan sifat2 mereka yg saya tidak terlalu suka, kalo songsaengnim krj sama org korea pasti tau ...
kamsahamnida songsaengnim

 

menurut gw kita ga bisa "pukul rata" semua orang korea kayak gitu...
kalo baru nemu "ribuan" orang dari korea yang kayak gitu, ga berarti semua penduduk korea kayak gitu kan??penduduk korea kan ga hanya ribuan..

contohnya aja indonesia terkenal sebagai negara bermental korupsi, tapi ga semua orang indonesia suka korupsi kan?
contoh yang lebih sempit lagi, paman gw pernah bilang sama anaknya jangan nikah sama cewek manado karena ceweknya matre semua, tapi ternyata ga semua cewe manado tu matre..banyak yang juga hidupnya biasa-biasa aja..
ada juga yang bilang jangan nikah sama cowok batak karena mereka orangnya kasar, buktinya temen-temen gw yang batak ternyata lembut dan penyayang..
ada lagi yang bilang jangan mau nikah sama orang dayak cz budaya horornya kental banget,,,tapi banyak temen gw orang dayak taat beragama,.
dan banyak asumsi-asumsi jangan begini dan begitu dari banyak orang hanya karena pengalaman sehari dua hari mereka dengan beberapa orang dari suatu ras dan budaya...dan setelah itu semua orang dari ras yang sama bakal dianggap punya moril, adat, dan kebiasaan personal yang sama dengan beberapa orang tadi.. wah bahaya banget kalo gitu!! orang kan beda-beda dan ga sama persis semua!! dan menurut gw, pengalaman sehari, dua hari tu tetep aja ga bisa jadi "standar" moril semua ras dan bangsa...

jadi, intinya setiap orang dalam suatu bangsa tu tidak mungkin punya kebiasaan dan jati diri yang sama dan merata satu dengan lainnya. pasti berbeda...semua orang punya sisi positif dan negatifnya masing-masing, dan ga pungkin persis sama dalam satu rumpun...

 

wah... wah... dgn ada y korean wave seperti y akan bnyk terjadi tindak kriminal di asia. con. perdangan manusia. ad baik y qta berpikir dulu seblm bertindak. jangan mw ikt2an & jgn bodoh. think global not local,man. sy rasa pemirintah indonesia tdk usah memberikan peraturan khusus tentang perkawinan antar bangsa ini. toh klo dibuatpun ga bakal ada efek baiknya bagi org indonesia.

 

kirain cuma orang Taiwan aja yang cari jodoh di negara lain...,
kenapa sih mereka sampai segitunya cari jodoh ? susah ya dengan cara biasa cari di negara sendiri? atau ada alasan khusus mencari pengantin internasional?

 

waduch mbk, emank ngeri juga sich kalo kita nikah sama orang korea truz gag boleh pulang lagi ke Indonesia....tapi gimana yaa kalo kita udah jatuh cinta sama orang korea...????

 

gAK semua korea bgitu..saya mpe hri ni msh ttep suka ma org korea tp yg kristen..n cinta n takut ma Tuhan....di grja saya di bgd aja kerjasama ma grja trbesar di korea selatan byk koq yg taat koreany...saya jg punya tmn yg punya byk kenalan ma cowo2 korea yg rata2 bner2 cinta bgt ma Tuhan...seperti itulah pria korea yg bener n yg saya mau.

 

wah.. jdi mikir 2x untuk nikah, soalnya pacar aku orang korea.
jadi ngeri nih !!

kmshahamnida eonnie atas sharingnya ^_^

 

Jadi istri orang Korea? kenapa tidak? selama ini aku melihat pacarku sekarang sebagai sosok laki-laki bukan sebagai dia orang dari negara mana.
rencananya sebelum summer tahun depan kami sudah menikah, dia bukan orang kaya yang mampu "membeli" istri, kami melakukannya dengan cinta :)

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 

Menarik sekali ceritanya...
Tp kita tdk bisa memojokan org korea,sifat buruk seseorang tdk tergantung bangsa nya,tp tergantung dirinya sendri,bnyak kok org indonesia yang buruk,msh juga ada yg baik,bgtupun korea :)

 

Di korea, wanita korea terkenal sangat "materialistis" yang selalu menomorsatukan latar belakang kluarga pria. Atau pun pekerjaan pria. Lalu prrbandingan wanita dibanding pria juga lbh sedikit krn "pemahaman jaman dulu anak pria lbh disukai". Wanita2 itu apalagi yg cantik tau "harga standard" mereka. Nah karena itu pria2 yang standard2 aja atau tinggal di luar kota besar (seoul, busan) kalo di indonesia ibaratnya jakarta, surabaya dll itu jd minder. Karena kebanyakkan wanita korean itu ga mau diboyong ke "luar kota besar". Apalagi pria yg pekerjaannya petani dan lainnya (selain yg karyawan kantoran). Mereka uang ada, tapi ya susah wanita korea ga mau sama petani2 itu. Jadi biasa ya di korea, pria2 petani dan lainnya itu ikut biro jasa untuk blind date dengan wanita dr negara lain (umumnya dr china, vietnam, uzbekistan,dll) nanti stlh pesertanya terkpul mereka berangkat sama2 ke negara asal wanita tsb utk interview dll. Kl cocok umumnya jangka waktu 2 minggu uda menikah. Nah wanitanya diboyong ke korea. Biasanya stlh wanita2 itu dpt visa, mereka pada kabur dr si suami utk kerja dll di korea.

 

Aku lagi deket sama orang korea..selama ini dia baik..dan pastinya orang korea ga pelit..hehehehe

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 

Setuju banget... ga smua org korea kayak gtu.. contohnya saya sendiri skrg ini sedang pacaran sama org korea dan dy baik banget.. sebentar lagi saya akan menikah. Ga gitu jg kog org korea.. hanya beberapa mgkn yg sprti anda tuliskan :)

 

Caecilia, kenalin donk sm tmn calon suami nya. Mana tau ada yg serius buat nikah jg.

 

Setuju banget sama yang ini.. setiap orang beda" di setiap negara pasti ada orang baik ada orang jahat ada orang kaya ada orang miskin ada orang keras kepala ada yang lembut dan penuh kasih sayang, jdi intinya dimana pun itu semua allah ciptakan berpasangan ada kekurangan dan kelebihannya masing". Dan ga baik juga menilai hanya dengan satu arah.
Terima kasih telah berbagi pengalaman..

 

Makanya jangan gampang terhasut orang asing, biar bagaimanapun juga nggak semua orang asing punya maksud baik seperti yang ditampilkan dalam film-film mereka. Inget, gak semua yang ditampilin itu sama dengan yang ada di kenyataan. Pernah denger "Kopino"? Itu kasus di mana banyak orang Filipina jadi korban orang Korea! Coba googling deh. Mentalitas orang Indonesia jangan kacangan, ada orang asing dianggap "luar biasa" padahal kalau di negaranya ya biasa-biasa saja, sehingga gampang sekali kena tipu.

 

Sekali lagi nih, hati-hati dengan orang asing. Sekarang juga lagi marak-maraknya human trafficking, bisa saja berkedok baik lalu dibawa ke negaranya, tapi kemudian di sana malah jadi korban human trafficking. Kasus seperti ini, misalnya, bisa kita lihat pada WNI kita yang kemudian jadi korban human trafficking di Malaysia

 

Emang gak bisa pukul rata semua orang asing itu buruk. Tapi dengan melihat apa yang sudah-sudah, misalnya kasus "Kopino" dan human trafficking yang sudah saya sebutkan sebelumnya, nggak ada salahnya buat berhati-hati. Dan memang korupsi terjadi di Indonesia aja? Di negara-negara lain terutama di tingkat korporasi juga banyak! Mending be realistic aja, banyak kok cowok Indonesia yang lebih baik dan mapan.

 

Kalo org nya berpendidikan sih sy rasa mikir panjang ya buat ngelakuin gal2 konyol. Mo co korea co bule kl mentalnya brengsek y sama aja. Kembali k pribadi masing2. Kl merit ma org asing cm morotin hslnya pst kelaut aje, kl niat nya lempeng biasanya jd smp tujuan walopun berliku ya. Yg di bhs di atas itu biasa co korea yg tgl di kampung dan ga laku mknya dia ga bs gaet ce bangsanya sendiri krn high standart,
Buat yg open mind dg sgl perbedaan smua biasa dan indah
Buat yg konvensional mind cr yg sedikit resiko ja buat nyari laki ya hehe.
Gimana pun jg jodoh itu sll ada ikut campur tuhan di dalam nya dan jg cerminan diri kita.
Good luck friends

 

Halo sist, pengalamannya berharga banget ya sist.. ^^
Saya juga sudah menikah dengan orang korea, tapi posisinya kami bertemu sendiri karna waktu itu dia sedang kuliah di UI.
Dia baik banget, keluarganya juga. So far kami bisa berkomunikasi dengan baik karna dia pernah tinggal di Amerika.
Suami saya juga pas pacaran suka cerita ke saya tentang kasus wanita Asia Tenggara bisa "dibeli" oleh laki2 di daerah pedesaan korea.
Karna itu sebaiknya harus pintar2 berbahasa korea. Karna justru suami saya tidak mau saya dipandang seperti itu karna saya WNI di korea.

Tp saya baru tau kalau sampai ada perjodohan seperti ini... Nice info.

Tapi memang tidak semua orang korea seperti itu. Beruntung ketemu suami saya, dia menghargai sekali hubungan kami dan sayang sekali dengan keluarga saya.