Kpop Lovers

한국을 진짜 좋아해...!!!

Tahukah kamu #6: Kebiasaan-kebiasaan Orang Korea

Data yg gw tulis dibawah ini gw dapat dari pengalaman selama gw kerja sama orang korea, tp jg gw samain dengan beberapa sumber lain:

Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya. Bila kita menghadapinya, sebaiknya kita menerima dulu minuman tersebut baru kemudian diletakkan lagi dan kemudian minta minuman ringan lainnya. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan

Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yg menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa(kalo dimarahi pake suara keras gw sering, tp gak sampe dipukul atau didorong sih)

Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi(makanya gw cuma mau makan kimchi sama seafoodnya, itu jg gw hrs liat dl bikinnya)

Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk / menjauhkan dari rezeki

Korea Selatan adalah negara yang sangat beretiket, oleh karenanya sopan santun antara atasan dan bawahan sangat perlu dijaga

Dalam berhadapan dengan pimpinan dan orang yang dihormati, saat pertama kali bertemu harus memberikan salam dengan baik sambil menunduk 45 o

Dalam menerima atau menyerahkan sesuatu harus selalu dengan 2 tangan

Selalu mengucapkan terima kasih sewaktu menerima sesuatu / bantuan

Selalu membiasakan diri memberi salam, selamat datang, selamat tinggal, selamat bekerja

Tidak merokok di bus, mobil, subway, taksi, di tempat bekerja, di depan orang tua dan di tempat dilarang merokok lainnya(kecuali bos gw kali, rapat aja masih merokok)

Meminta maaf ketika salah tanpa harus memperbanyak alasan

Mengakui kesalahan dengan sportif(kadang2)

Membiasakan antri dan tidak bergerombol apalagi berisik(yg ini gw salut bgt sama mereka, gak kyk orang indonesia)

Merupakan hal yang biasa bagi orang Korea Selatan menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun(kadang belum tau salahnya apa jg sudah main bentak dulu, ini yg bikin gw suka nyesel kerja sama orang korea)

Selesai marah atau dimarahi, orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga(ini betul jg, bos gw kl abis marah dia lgs sok baik2in gitu, ngajak ngobrol lah, nawarin permen lah...pdhl gwnya masih bete)

Sewaktu makan jangan mengeluarkan suara yang keras yang bisa mengganggu orang lain dan tidak boleh menggunakan tangan, tetapi harus dengan sumpit atau sendok makan(orang korea dikantor gw rata2 sk masakan padang, mereka jg tau kalo masakan padang lbh enak kl makannya pake tangan)

Orang Korea Selatan sudah terbiasa dengan minum-minuman keras sebagai pelepas stress, membina persahabatan dan untuk kesehatan.

Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat

Untuk menghilangkan stress dan penat mereka juga biasa pergi ke café atau bar untuk minum

Masyarakat Korea Selatan mempunyai sikap disiplin yang tinggi dan rajin bekerja

Orang Korea selatan terbiasa taat pada atasan, sigap, cepat dan menunjukkan kerja yang baik. (tadinya gw pikir bos gw aja yg bilang “phali-phali” terus kl lagi nyuruh, tp ternyata emang kebiasaan mereka semua kl apa2 hrs cepat, cape deh kerja sama orang korea)

-------------------------------------------------------------------------------------------------
Warga Korea Selatan Paling Stres di Dunia

Kalo tingkat stress orang korea paling tinggi didunia pasti semua sudah tahu(81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya), karena sudah sering dibahas. Nah sekarang yang bikin kita penasaran, apa sih penyebabnya?

Yang pertama penyebabnya tentu saja karena perubahan sosial yg disebabkan perkembangan Korea Selatan yang cepat dari segala aspek. Trus apa hubungannya? Tentu saja berhubungan, mereka telah mengalami perubahan-perubahan besar dalam masa pendek dalam hal politik, ekonomi, dan masyarakat dibanding negara-negara lain.

Yang kedua, bagi sebagian orang korea bilang mereka stress sejak mereka masih muda, dan banyak penyebabnya, dari masalah ujian sekolah sampe kegiatan yg lain juga, bayangin aja anak-anak disana melewatkan berjam-jam setelah sekolah untuk berbagai kursus dan les agar bisa bersaing untuk memasuki universitas karena nantinya memengaruhi pilihan pekerjaan bahkan perkawinan. Pokoknya dari masih muda mereka sudah merasa dipusingkan dengan bayangan masa depan mereka nanti.

Yang ketiga dan seterusnya, mungkin masih banyak penyebabnya tp gw jg belum tau, bisa jg karena orang korea banyak yg gak punya agama, tp sekarang sih mending selain budha sudah banyak yg kristen, katolik bahkan islam jg mulai berkembang disana. Bagus deh mudah2an nanti bisa mengurangi tingkat stressnya karena udah punya pegangan hidup.

sori gw gak bisa kasih foto disini, soalnya gw gak punya Foto orang lagi stress....he he
sumber : kompas

Labels : Free Wallpapers | Supercar wallpapers | Exotic Moge | MotoGP | Free Nature | car body design

19 komentar:

temen gw pernah punya bos orang korea. suka main lempar barang. terakhir sebelum resign, karena bosnya ngelempar jegrekan, untung kaga kena karena dengan lihai temen gw tuh menghindar hahaha. besokannya lgs resign dia :P

hmmmm ternyata kemajuan pesat di korea memberikan dampak yang buruk juga yah buat masyarakatnya...banyak yang stress soalnya hehe
tapi itu membuktikan mereka pekerja keras (ampe stress begitu) ^ ^

 

betul bgt,bos gw sih blm sampe pukul ato lempar2 brg gitu, cm kalo marah emang nyeremin. tp kl sesama koreanya yg berantem, apalagi sesama bos, wuih.. ktr sampe gempa gara2 teriakannya, belum brg2 yg terbang, pintu yg dibanting, pokoknya serem bgt.
tp kl lagi baik, mereka orgnya enak bgt, mereka gak nganggap kita bawahan tp kyk temen aja.
yg jelas mereka orgnya perfeksionis bgt, makanya gampang stress.
kl mereka dah bilang 'phali-phali'... gantian gw yg stress deh...

 

bener, emang korea sebenernya kasar2...kalo di jalan sana, mereka kan jalan nya suka cepat...dan kalo dia nabrak kita, dia gak akan bilang maaff atau sori gak sengaja kayak orang indonesia...
kalo dlm mslh kerja, masi beradab orang jepang...kalo salah mereka masi mau kasi kesempatan...kalo orang korea disana katanya langsung main ganti aja...huhu mengerikan...
tp ada dosen yg pernah kuliah disana blg...orang korea melihat agama islam ithu sebagai budaya, mereka gak termakan isu islam agama teroris atau agama kasar, semoga aja kayak gt....

 

yg gw tau dr org2 korea yg gw kenal, mereka memang bkn orang yg fanatik kl soal agama,makanya mereka gak peduli sm isu2 agama gitu. Mgkn krn dulunya byk yg atheis, mereka jg gak peduli kl anaknya mau msk agama apa ato gak mau pny agama sekalipun, gak kyk disini.
skrg msh mending, yg perempuannya(rata2 istri bos gw) byk yg sdh jd kristen taat sampe tiap hr pergi kegereja, gak tau mo ngapain. yg msk islam jg mulai byk(ini korea yg disini ya, yg disana sih gak tau deh)

 

apa khabar? saya ingin tahu lebih lanjut mengenai kebiasaan orang korea...saya pernah berada di sana lebih kurang 1 bulan untuk tugasan negara...namun tidak ada kesempatan untuk mengenali mereka orang korea...

jumpa lagi

 

salam kenal,
mbak miem(panggilnya apa nih?) enak ya pernah ke korea,
padahal saya malah blm pernah loh ke korea, tp mgkn krn sdh 5 th kerja diperusahaan korea dan sering interaksi sm mereka jd tau sifat n kebiasaan mereka.
kapan2 saya coba tulis lg tentang kebiasaan mereka, sdh baca post saya yg judulnya *jadi istri orang korea?* mgkn bs nambah wawasan jg.

 

Mbak, saat ini di kampus saya ada mahasiswa korea beberapa orang n' kebtulan saya berteman lumayan dekat dg mereka.. Menurut saya, mereka sopan dalam kegiatan sehari2 n' suka bercanda, serta menghargai budaya minang dan ISLAM..

kebiasaan2 orang korea yang mbak tulis, sesuai banget dg sikap mereka..

 

iya, rata2 mereka memang begitu, seru kok berteman dgn mereka, asal jgn waktu mereka marah ya he he he..

 

budaya di setiap negara itu kan berbeda2, ada baik y qta dpt meyaring y trlbh dahulu seblm mengadopsinya. ambil aj yg baiknya dan jgn tiru yg buruk. dan yg plng penting lg jgn ikt2an krja / nikah ma org korea gr2 korean wave lalu melupakan budaya qta dan langsung mengikuti / mencintai budaya korea.

 

budaya di setiap negara itu kan berbeda2, ada baik y qta dpt meyaring y trlbh dahulu seblm mengadopsinya. ambil aj yg baiknya dan jgn tiru yg buruk. dan yg plng penting lg jgn ikt2an krja / nikah ma org korea gr2 korean wave lalu melupakan budaya qta dan langsung mengikuti / mencintai budaya korea.

 

tapi aku suka banget ama rumah tradisional korea n pakaiannya, sayang belum pernah melihat langsung bangunan rumah korea selatan. mungkin benar ya orang korea keras, dl sempat aku punya murid orang korea ngajar bhs inggris tp susah bgt ngasi taunya..jadinya aku ngundurin diri deh ga mau lg ngajar mereka,udah sakit hati

 

Bagaai mana sih supaya bisa kerja di kore ...? Tolong bantuannya soalnnya iNgin ke korea hehehe

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 

aku punya bos orang korea, tapi knp ya sepertinya dia tidak menukai saya. memang orang korea gampang tersindir dan pendendam ?
apa mereka angkuh?
nyebelin banget . pengen resign deh rasanya :'(

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 

tergantung juga si, bos aku yg dulu ya, dia orang korea yg paling baik menurut aku, profesional, kerjanya efisien, pengertian. mungkin dia juga dari kuliah di Indonesia, trus pernah kerja sama orang jepang juga, jadi didikannya profesional.

nah skrg bos aku yg baru, keadaan brubah 180 derajat. 4 orang dalam sebulan udah pada resign, anggap enteng, dan berasa pinter. kalo marah2 yaaa gitu bentak2 kayak kapal pecah, padahal ga ngerti permasalahan apa, malah kebanyakan dia yg suka salah...
dan sayangnya di kantor ku, kantor di korea yang dipusat itu vokal banget, sangat percaya diomongin sama org korea, tp ga pernah lihat realita nya, klo dia yg salah

 

aku minat bgt ke korea..lg siap siap ksna..enk ga ya disana..

 

Saya ingin tanya, dimana saya bisa bekerja dengan kebanyakan karyawannya orang korea? mohon infonya.thanks

 

Saya ingin tanya, dimana saya bisa bekerja dengan kebanyakan karyawannya orang korea? mohon infonya.thanks